Terapkan Ilmu dari Perguruan Tinggi di Indonesia, Alumni Asal Kamboja Rintis Usaha di Kampung Halaman

By Abdi Satria


nusakini.com-Kampong- Tiga alumni perguruan tinggi Indonesia asal Kamboja telah berhasil merintis usaha sesuai dengan bidangnya di Kampong Cham, Kamboja. KBRI Phnom Penh berkesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan para alumni tersebut di Kampong Cham.

Math Asnavy yang lulus dari Universitas Sebelas Maret jurusan agrobisnis membuka usaha di bidang pengembangan ternak ayam untuk memenuhi kebutuhan pasar di daerah Kampong Cham dan daerah sekitarnya. Menurutnya penjualan terus meningkat dan prospek ke depannya akan sangat menjanjikan.

Sen Patry yang lulus dari Universitas Gadjah Mada jurusan ilmu kedokteran, merintis usaha dengan mendirikan klinik kesehatan umum dengan mempekerjakan tenaga medis dan karyawan tetap. Kliniknya beroperasi selama 24 jam.

Sementara, Math Zany yang lulus dari Universitas Indonesia jurusan ilmu komputer, kini bekerja Sovannaphumi School di Kampong Cham sebagai tenaga ahli bidang IT.

Mereka merasa bersyukur dan sangat senang karena sudah mulai berhasil dalam usahanya, dan mendapatkan pekerjaan tetap sesuai dengan minat yang ditekuni selama ini.

Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng, pada kesempatan itu, menyampaikan rasa senang dan bangga atas pencapaian para alumni, dan ucapan selamat atas keberhasilannya mengembangkan dan menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah di Indonesia. Menurutnya hal ini mencerminkan hubungan baik Indonesia dan Kamboja.

Dubes Sudirman juga berpesan sekiranya ada keluarga dan kerabat yang berminat melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di Indonesia, masih terbuka kesempatan tawaran beasiswa di berbagai universitas di Indonesia. (rls)